Cerita Misteri Di Mall Klender

Aksi demo yang terjadi saat Mei 1998 sebenarnya berporos untuk melengserkan presiden Soeharto. Tapi keberhasilan turunnya sang presiden bertampak pada kehancuran mental masyarakatnya. Demo itu menciptakan kerusuhan dan pemberontakan yang akhirnya meninggalkan  pengalaman menyedihkan bagi ribuan orang. Demo yang berujung pada pengrusakan dan pembakaran menghasilkan korban-korban tak bersalah. Toko, supermarket, mall, dan tempat-tempat belanja lainnya menjadi sasaran menggiurkan bagi para pendemo saat itu.

 Tak luput, tragedi menggenaskan itu juga terjadi di Yogya Departement Store, Klender, kawasan Jakarta Timur . Masyarakat sekitar lebih suka menyebutnya mall klender. Lebih tepatnya 15 mei 1998 , mall yang terdiri dari enam lantai itu menawarkan cerita yang tak kalah memilukan. Konon saat kerusuhan terjadi, ratusan orang di mall tersebut terbakar hidup-hidup.

Salah satu saksi sejarah mengungkapkan kejadian tragis itu bermula dari munculnya provokator yang berbadan tegap. Mereka saling berkordinasi agar menjarah barang-barang yang ada di mall tersebut. Puluhan orang termakan rayuan dan mulai melancarkan aksi untuk mengambil barang-barang secara paksa. Di waktu bersamaan, banyak pula para pengunjung mall beserta pegawai-pegawainya yang bingung harus berbuat apa. Mereka ingin keluar tapi takut menjadi korban pemerkosaan dan pengeroyokan. Di waktu yang sama, gedung mall Klender dibakar oleh para pendemo yang sudah terhasut. Ratusan orang pengunjung sekaligus pegawai disitu semakin bimbang, mereka benar-benar terjebak. Mereka takut keluar dan lebih memutuskan bertahan di gedung. Selama 2 jam mereka terjebak hingga akhirnya semua tewas di dalam kobaran api.

Memang sudah 16 Tahun sejarah memilukan itu terjadi, hanya saja cerita-cerita misterius mengenai mall tersebut tidak pernah berakhir. Sampai sekarang mall Klender dipercaya mengoleksi mitos-mitos seram yang menyerang para pengguna jalan yang melintasi kawasan tersebut. Beberapa orang juga mengakui sering mendapatkan ganggung gaib apabila selesai belanja di dalamnya.

Terlepas benar tidaknya mengenai aura mistis yang terjadi, yang jelas mall yang memiliki enam lantai itu sekarang sudah mengalami penurunan persentase pengunjungnya. Apabila kita kesana ,kita akan menyaksikan hanya segelintir orang saja yang terlihat asik memilih dan menawar harga di beberapa tempat didalamnya. Memang sebelum kejadian tahun 1998, mall Klender terbilang salah satu mall yang cukup dipadati pengunjung. Konon katanya, bahkan saat pertama mall klender di resmikan, puluhan bahkan hingga ratusan pengunjung sampai berdesak-desakan untuk melampiaskan hasrat berbelanja mereka. Tentu sudah berbanding terbalik dengan situasi sekarang. Selain karena tak ada gairah belanja lagi, kebanyakan orang di kawasan tersebut memiliki alasan yang berbeda. Salah satu alasan yang sering didengar adalah : takut apabila belanja disana akan di ganggu oleh kejadian mistis.  

Di bawah ini terlampir beberapa mitos dan kejadian yang terjadi saat beberapa orang memasuki wilayah mall Klender.

Area yang dipercaya paling angker 

  • Lantai 3

Daerah yang sering dibicarakan masyarakat setempat yang cukup menyeramkan adalah lantai tiga mall ini. Sejarah mengapa lantai tiga ini cukup membuat pengunjung bergidik karena semenjak tragedi 98, lantai ini dijadikan tempat untuk mengakuisisi ratusan korban mayat.. Diceritakan bahwa lantai tiga penuh dengan ratusan korban kebakaran dalam keadaan hangus.

Apabila pengunjung atau karyawan- karyawati melewati tempat ini sering diperlihatkan penampakan seorang wanita yang menyisiri rambutnya ke arah depan. 

  1. Lokasi basement 1 dan 2 juga menjadi salah satu tempat yang mendebarkan. Banyak yang mengaku jika kita melewati daerah itu sering diperlihatkan sosok pria besar yang memunculkan diri di bagian pojok ruangan. Tidak hanya itu. Lift nya juga menjadi area yang menciptakan perasaan harap-harap cemas pada orang yang menaikinya.  Karena seringnya suara teriakan minta tolong yang berasal dari lift, padahal tidak ada siapa-siapa disana.
  2. Spot selanjutnya yang cukup menjadi bahan perbincangan adalah ruangan ganti. Ada beberapa kejadian aneh dan tidak logis yang sering terjadi di area ini. Konon  katanya, suatu ketika karyawati sudah selesai mengepel lantai tapi sering menyaksikan jejak-jejak kaki berwarna hitam yang melintasi ruangan kamar ganti. Itu belum seberapa. Terkadang terdengar suara riuh anak-anak yang sedang bermain. 
  3. Para saksi mata yang mengalami kejadian gaib
  4. Arwah Ayah
    Kisah misterius juga terjadi pada Asep salah satu pelaku sejarah di mall Klender. Dalam kejadian 98 tersebut, Asep terikut provakasi dan terpengaruh untuk masuk ke mall dengan tujuan menjarah bersama pemuda-pemuda lain. Dalam kejadian tersebut sebenarnya ayah Asep salah satu korban yang terjebak dalam tragedi pembakaran di mall Klender. Ayah Asep tewas tanpa diketahui olehnya. Tiga hari setelah kejadian, jenazah ayah Asep belum juga mendapat kabar yang jelas. Saat masih dalam proses pencarian, mendadak Asep mendapat bisikan gaib agar segera datang di lantai 3. Asep yang dalam kondisi masih sedih dan bingung mengikuti suara yang tidak tahu entah dari mana asalnya. Tanpa berpikir lama Asep secepatnya berlari ke lantai 3 mall Klender. Begitu terkejutnya dia saat datang di lantai itu, jenazah ayahnya di temukan dalam keadaan utuh dan tidak terikut terbakar dengan jenazah yang lain.
  5.  Sosok SPG
    Kejadian ini cukup menarik, karena dialami oleh pemuda dan ayahnya ditahun 2000 silam. Mereka berdua berasal dari Magelang dan naik metromini menuju kawasan Kebon Singkong. Kemudian setelah dari Kebon Singkong perjalanan mereka lanjutkan dengan berjalan kaki ke penyebrangan rel kereta api hingga menuju jalan utama Jatinegara. Karena lelah berjalan mereka berdua memutuskan naik angkot dan menunggu di halte tepat di depan mall Klender. Entah bagaimana ceritanya, mendadak datang SPG wanita dan duduk di samping pemuda. Karena bus sudah datang, ayah sang pemuda menarik lengannya untuk segera naik bus. Karena masih penasaran, pemuda itu melihat ke arah SPG yang duduk di halte tadi . Tapi bukan sosok manusia yang pemuda itu lihat, melainkan tubuh yang setengah badannya sudah gosong hangus terbakar.
  6. Tangisan Anak Misterius
    Untuk kejadian ini sebenarnya cukup populer di kalangan orang-orang setempat. Hampir sering bagi pengendara yang melewati kawasan mall Klender diatas jam 11 malam, bulu kuduk mereka langsung bereaksi dan secepatnya menaikkan gas untuk melaju meninggalkan kawasan. Karena terlalu sering ada kejadian aneh yang menimpa orang-orang yang melintasi daerah mall Klender di malam hari khususnya jam 11 malam keatas.

Bagi kebanyakan orang apabila sudah jam 11 malam sudah tidak lagi berani melewati daerah itu karena akan terdengar suara tangisan anak-anak, wanita dan pemuda. Pernah suatu saat ada pemuda mabuk yang melewati daerah itu dan tiba-tiba kemudinya berbalik arah karena dia terkejut melihat seorang anak terlindas tanpa sengaja. Di saat yang sama, dia mengarahkan kemudinya ke jalur lain dan malah tewas. Sementara anak yang dilindas tak terlihat lagi. Padahal banyak saksi mengatakan saat kejadian itu, pengendara motor jelas-jelas sudah melindas sang anak. Tapi mayat si anak tidak ditemukan. 

Post Author: Admin