Edelweis Simbol Cinta Abadi? Berikut 9 Fakta Bunga Edelweis yang Perlu Kamu Tahu

Siapa yang tidak akan menolak jika kaum hawa diberikan persembahan bunga sebagai tanda sayang oleh pasangannya. Bunga selalu dikaitkan dengan lambang kasih sayang dan kebahagiaan. Keindahan warna yang terdapat di bunga akan membuat suasana hati menjadi tentram. Bunga edelweis merupakan salah satu jenis bunga yang dapat membuat banyak orang terpesona.

Bunga edelweis yang biasanya tumbuh di dataran tinggi, banyak dikagumi keindahannya terutama oleh para pendaki gunung. Ditambah lagi, keindahan bunga edelweis ini abadi dan tidak akan pernah mati di tempat ia tumbuh. Namun demikian, banyak yang belum peduli dan memetiknya sembarangan bahkan hingga membawanya pulang karena sebenarnya memang sudah terdapat larangan agar tidak melakukan hal tersebut. Selain itu, masih ada juga beberapa fakta yang harus kamu ketahui tentang bunga abadi ini. Berikut ini dia 9 fakta bunga Edelweis yang perlu kamu tahu.

 

Alasan Bunga Edelweis Abadi

 

Sumber gambar : Instagram @firman897_

Bunga edelweis disebut sebagai bunga abadi karena bunga ini tidak akan mudah mati. Hal tersebut karena bunga ini memiliki hormon yang mencegah edelweis rontok dan kehilangan kelopaknya.

 

Bunga Edelweis Tumbuh di Ketinggian Tertentu

 

Sumber gambar : Instagram @itsrimarimelz

 

Bunga edelweis tidak tumbuh di tempat yang acak. Bunga ini hanya bisa tumbuh di ketinggian tertentu dan biasanya di dataran tinggi mulai dari 2000 MDPL ke atas.

 

Bunga Edelweis Dijadikan sebuah Lagu

 

Sumber gambar : Instagram @siwulaan

Saking indahnya bunga edelweis, pada tahun 1965 ada sebuah lagu yang bercerita tentang bunga ini. Lagu tersebut diputar dalam film The Sound of Music.

 

Edelweis Berbunga Setelah Musim Hujan

 

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/BlkY5j-nTd1/?tagged=edelweissflower

Masa mekarnya bunga edelweis Jawa ini biasanya ada pada bulan April hingga September. Setelah musim hujan atau ketika intensitas sinar matahari tinggi edelweis akan mekar dengan indahnya.

 

Edelweis Indonesia Berbeda dengan di Luar Negeri

 

Sumber gambar : Instagram @travellermales

 

Edelweis yang tumbuh di Indonesia berbeda apabila dibandingkan dengan edelweis yang bisa dijumpai di luar negeri. Hal tersebut karena edelweis Indonesia ialah Anaphalis Javanica sedangkan yang ada di luar negeri edelweis Leontopodium Alpinum.

 

Edelweis Bunga Nasional Austria

 

Sumber gambar : Instagram @shetravelswithamonkey

Di Austria, bunga edelweis dianggap sebagai bunga nasional karena memang banyak tumbuh di sana. Bunga eldeweis bernama latin Leontopodium Alpinum banyak ditemui di Pegunungan Alpen.

 

Budidaya Edelweis di Dieng Diperjualbelikan

 

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/BnBpHA3nEV2/?tagged=edelweissflower

Bunga edelweis memang dilarang untuk dipetik sembarang. Akan tetapi, di daerah Dieng terdapat budidaya bunga edelweis yang kemudian dapat dibeli oleh pengunjung.

 

Edelweis Bisa Tumbuh 8 Meter

 

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/BnBpHA3nEV2/?tagged=edelweissflower

 

Pohon dari bunga edelweis kebanyakan hanya mencapai 4 meter terutama yang tumbuh di pegunungan daerah Jawa. Akan tetapi, bunga edelweis ini bisa mencapai 8 meter tingginya.

 

Mitos Bunga Edelweis Sebagai Tanda Cinta Sejati

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/BhQjQa9jwcs/?tagged=edelweissflower

Sesuai dengan julukannya sebagai bunga abadi, terdapat mitos yang bereda pula bahwa edelweis diberikan sebagai tanda cinta sejati. Apabila edelweis mulai layu, sebagian orang percaya bahwa cinta di antara pasangan tersebut turut mulai memudar.

 

Demikianlah 9 fakta tentang bunga edelweis yang pasti baru saja kamu ketahui. Keindahan alam haruslah dijaga bersama, jangan sampai tangan kita usil sehingga merusak ekosistem lingkungan bahkan dapat menimbulkan kepunahan bunga edelweis ini.

 

Post Author: Admin