Mari Mengingat, 5 Konflik SARA Paling Mengerikan Ini Pernah Terjadi Di Indonesia

Konflik biasanya terjadi antar sesama individu, namun kelompok juga bias mengalami brbagai macam konflik yang ditimbulkan dari beberapa perbedaan pendapat, suku, ras, golongan, dan adat istiadat. Indonesia di kenal dengan Negara yang memiliki berbagai macam agama, rasa, suku bangsa, adat istiadat dan juga Bahasa. Sesuai dengan semboyan nya yang berbunyi Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda beda tetap bersatu juga. Tetapi, nyata nya masih ada saja kejadian ataupun konflik yang ditimbulkan akibat dari perbedaan-perbedaan ini dan juga masih ada saja orang yang tidak bertanggung jawab dan mengambil kesempatan dari kejadian-kejadian tersebut dan menjadikan konflik tersebut semakin besar. Nahh, mari kita simak apa saja konflik sara yang pernah terjadi di Indonesia:

Konflik Antar Suku Di Sampit

Sumber gambar : google.com

Kerusuhan antar suku Yang Pernah terjadi di Tahun 2001 ini termasuk dalam kerusuhan yang paling tragis yang pernah terjadi di Indonesia. Konflik Ini di akibatkan oleh warga Dayak yang dibantai oleh warga Madura yang menetap disana dikarenakan adanya perebutan wilayaH. Dan ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa kedua suku ini saling membakar rumah untuk mempertahankan wilayah nya. Setidaknya ada sekitar 500 orang yang meninggal dunia yang diakibatkan oleh adanya konflik ini. Dan diantaranya ada 100 orang yang meninggal akibat pemenggalan kepala oleh suku dayak. Dan pihak kepolisian pun sudah mencoba untuk menghentikan konflik ini dengan menangkap beberapa orang yang menjadi provokator dalam konflik, namun karena pengepungan kantor kepolisian yang dilakukan oleh suku dayak maka mereka akhirnya dilepaskan.

 

Konflik Antar Agama Di Ambon

Sumber gambar : google.com

Konflik yang terjadi di sekitar tahun 1999 an ini melibatkan antar agama Islam dan Kristen di Ambon. Mereka saling menyerang dengan menunjukkan kehebatannya sehingga banyak korban jiwa meninggal dunia dalam konflik ini. Konflik ini juga diduga terjadi akibat ada seseorang yang sengaja memanfaatkannya dan menyebarkan isu-isu untuk saling memanaskan kedua belah pihak. Akibat konflik yang terjadi di Ambon ini keusuhan antar agama yang terjadi di Indonesia memanas untuk waktu yang cukup lama.

 

Konflik Antar Etnis Pribumi Dan Etnis Tionghoa

Di penghujung tahun 1998 terjadi banyak kerusuhan di Indonesia, hal ini diakibatkan oleh beberapa factor diantaranya adalah krisis moneter yang menimpa Negara Indonesia. Hal ini juga mengakibatkan kerusuhan yang terjadi Antara etnis pribumi dan Etnis Tionghoa yang berada di Indonesia. Kerusuhan membesar karena adanya penjarahan dan pembakaran harta atau asset etnis Tionghoa. Selain itu juga banyak tindak kekerasan dan pelecehan seksual yang juga di alami oleh Etnis Tionghoa

Konflik Antar Agama

Agama Islam yang dikenal memiliki bebrapa aliran dan golongan diantaranya muhammadiyah, NU, Ahmadiyah bahkan Syiah. Tapi sayangnya banyak juga dari golongan-golongan ini yang dianggap menyimpang dari golongan lain mayoritasnya. Hal ini juga menimbulkan konflik sehingga pengusiran dan pembakaran tempat ibadah seperti yang dialami oleh kelompok Ahmadiyah.

Konflik Antar Golongan GAM Dengan Pemerintah

Nah yang terakhir dan tentunya paling kamu ingat adalah GAM atau dikenal dengan Gerakan Aceh Merdeka. Konflik yang terjadi selama bertahun-tahun ini diakibatkan oleh adanya milisi GAM yang menuntut lepas dari Indonesia. Tapi, saying nya hal ini tidak dikabul;kan oleh Pemerintah sehingga munculnya kesepakatan bahwa aceh dibuatkan menjadi daerah otonomi khusus.

Nahh, itu dia gaes konflik SARA yang pernah terjadi Di Indonesia, Hmm semoga tidak aka nada lagi ya konflik konflik seperti ini!

Post Author: Admin