5 Hal yang Membuat Suku Dayak Disegani Dunia

Suku Dayak adalah salah satu suku yang cukup terkenal di Indonesia. Suku ini memiliki keunikan dari cara hidup maupun adat yang mereka miliki. Cara hidup mereka memang jauh berbeda dengan kehidupan masyarakat modern. Namun, mereka melakukannya untuk melestarikan budaya dan jalan hidup yang mereka terima dari leluhur terdahulu. Hal inilah yang membuat suku daya memang jauh berbeda dengan kebanyakan suku di Indonesia.

Jika mendengar nama suku Dayak tentu tidak terlepas dari kesan mengerikan, seram, dan hal – hal lain yang berbau mistis. Hal ini dikarenakan mereka memang memiliki banyak sekali kisah dan sejarah tersendiri. Hal ini dibuktikan dengan sejarah kita pada masa penjajahan yang dimana pada masa itu para pasukan belanda gagal mengalahkan pasukan Dayak. Hal ini konon dikarenakan pasukan Dayak dapat cepat sembuh berkat obat yang diberikan oleh para dukun yang ada pada suku Dayak.

Tapi tentu tidak hanya hal itu saja yang membuat para negara di dunia menjadi segan dengan suku Dayak. Ada juga hal lain yang membuat suku Dayak di segani. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat suku daya disegani di dunia.

Tato

Sumber Gambar : Boombastis.com

Tato merupakan salah satu tradisi yang ada pada suku Dayak. Tato ini memiliki makna dan arti tertentu sesuai dengan gambarnya. budaya tato dari suku dayak adalah salah satu yang tertua di dunia. Bagi para suku Dayak memiliki semakin banyak tato di tubuh berarti sudah banyak juga daerah Dayak yang sudah di kunjungi. Hal ini dikarenakan daerah di Dayak memang sangat susah untuk dilalui mengingat semua proses perjalanan dilakukan dengan jalan kaki dan melalui hutan yang lebat. .

Mandau

Sumber Gambar : assets.catawiki.nl

Mandau adalah sejenis parang yang khas Dayak. Parang ini memang sangat mematikan karena memang memiliki unsur magis. Dalam keseharian warga Dayak memang sudah biasa membawa Mandau kemana – mana. Tapi konon katanya Mandau yang sudah dikeluarkan dari sarungnya mau tidak mau harus ada korban yang tewas. Maka dari itu Mandau Dayak tidak bisa dikeluarkan sembarangan karena dapat memakan korban jiwa.

Ilmu Gaib

Sumber Gambar : teropongsenayan.com

Dayak memang terkenal dengan ilmu gaib yang mereka miliki. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya yang sudah menjadi korban mereka. Hal ini memang dikarenakan suku Dayak menganut paham animisme yang dimana mereka menyembah roh – roh leluhur dan hal gaib lainnya. Hal ini juga membuat mereka dapat mengirimkan santet kemana saja. santet ini biasa di sebut dengan nama racun paser.

Sumpit Beracun

Sumber Gambar : Boombastis.com

Sumpit beracun adalah senjata yang mirp dengan pistol. Yang membedakan adalah sumpit ini digunakan dengan cara ditiup yang kemudian akan menembakkan anak sumpit ke sasaran mereka. Biasanya sumpit ini diarahkan ke leher yang akan mengakibatkan para korban menjadi kejang – kejang dan kemudian meninggal dalam waktu singkat di tempat.

Pasukan Hantu

Sumber Gambar : Boombastis.com

Ini adalah pengalaman para penjajah belanda selama di borneo. Mereka kalah melawan pasukan Dayak karena dipercaya merka memiliki pasukan hantu. Pasukan hantu adalah pasukan yang pada awalnya adalah suku Dayak yang telah meningeal dan bangkit untuk membela tanah mereka. Selain itu pasukan ini di pimpin oleh panglima burung yang dipercaya oleh suku Dayak sebagai mahluk halus yang memiliki tugas untuk melindungi suku Dayak dalam berbagai keadaan terutama saat sedang masa sulit dan masa perang.

 

Sumber Gambar :
cdn2.boombastis.com/wp-content/uploads/2015/09/Sumpit-Mematikan.jpg
teropongsenayan.com/foto_berita/201507/10/medium_38Sukudayak.jpg
assets.catawiki.nl/assets/2016/5/13/b/0/7/b07835c6-1961-11e6-8d74-6d032af68adc.jpg
cdn2.boombastis.com/wp-content/uploads/2015/09/Tato-Suku-Dayak-e1441248957195.jpg

Post Author: Admin