5 Fakta Letusan Gunung Krakatau yang Nyaris Bikin Dunia Mengalami Kiamat Kubra

Ketika bulan mei 1883, Indonesia mengalami salah satu bencana alam terparah yang pernah terjadi di negeri ini dan di seluruh dunia. Bencana ini terjadi karena gunung Krakatau yang dikenal tidak aktif ini meletuskan dan memuntahkan segala isinya keluar. Ketika tahun-tahun tersebut, Indonesia masih berada dibawah jajahan belanda, dan letusan gunung Krakatau ini berhasil membuat seluruh penjuru negri dan seluruh belahan dunia menjadi panik.

Letusan maha dasyat tersebut mulai terjadi pada bulan mei dan masih terus aktif sampai bulan agustus. Muntahan gunung berapi ini sudah memakan banyak sekali korban dengan jumlah yang tidak terhitung. Belum lagi dampak tidak langsungnya yang sangat merugikan pada saat itu. Kita yang hidup sekarang ini tidak bisa membayangkah betapa dasyatnya letusan gunung Krakatau ini. Dan dengan alasan itulah kita harus bersyukur. Berikut, beberapa fakta mengenai gunung Krakatau yang akan membuat kita bersyukur sekaligus ngeri.

Letusan gunung Krakatau terdengar dari Sri Lanka sampai kepada Australia

Sumber gambar: https://wowmenariknya.com/wp-content/uploads/2015/08/Letusan2BKrakatau.jpg

Letusan yang mahadahsyat ini terjadi pada bulan agustus 1883. Pada saat itu, erupsi gunung Krakatau terjadi terus menerus tanpa henti. Dan ketika pada tanggal 27 agustus terjadilah ledakan dasyat tersebut. Bahkan bunyi letusan gunung Krakatau pada saat itu berhasil membuat telinga orang-orang kesakitan karena kebisingan suaranya.

Begitu kerasnya ledakan dan erupsi gunung Krakatau pada saat itu bahkan terdengar sampai ribuan mil jauhnya, mencapai sampai Sri Lanka dan Australia. Bahkan menurut para peneliti, bunyi yang dihasilkan oleh letusan gunung Krakatau ini lebih keras sepuluh ribu kali lipat dibandingkan bom pada Hiroshima dan Nagasaki.

 

Terjadi tsunami raksasa yang siap menyapi peradaban

Sumber gambar: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2015/05/20/542863/670×335/kisah-amukan-krakatau-hingga-belah-pulau-jawa-dan-sumatera.jpg

Begitu dasyatnya ledakan yang disebabkan oleh gunung Krakatau ini juga turut mempengaruhi laut pada saat itu. Laut yang pada awalnya tenang, kemudian mulai bergejolak. Kemudian terjadilah bencana alam laut yang paling mengerikan, yakni tsunami. Tsunami yang dihasilkan oleh letusan gunung Krakatau ini dikatakan lebih besar dibandingkan tsunami yang terjadi pada aceh beberapa tahun lalu.

Peneliti memperkirakan kalau tsunami yang dihasilkan oleh letusan gunung Krakatau ini memiliki tinggi mencapai 100 kaki atau hampir setinggi 30 meter. Sebagian jumlah korban tewas juga disebabkan oleh tsunami ini.

Debu vulkanik yang menutupi atmosfer bumi

Sumber gambar: http://www.lampost.co/upload/terus-meningkat-letusan-gunung-anak-krakatau-capai-446-kali.jpg

Tidak hanya menciptakan gempa dan tsunami, letusan gunung Krakatau juga berhasil membawa banyak material keluar, bahkan sampai ke atmosfer bumi. Alhasil, pada saat itu, langit terutup awan tebal sehingga menyebabkan langit yang benar-benar gelap seperti malam selama 3 hari 3 malam lamanya.

Kondisi ini dialami oleh banyak negara, seperti Nikaragua. Abu vulkanik juga turut ke bumi dan menutupi tanah sampai sedalam 3 meter.

Letusan gunung Krakatau membuat bumi mendingin dan membeku selama beberapa tahun

Sumber gambar: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTlgK-KOKqsmOiZayV28njPgHGjYhhoSojpG8j3I-T4_ZAq-7xP0Q

Ketika jutaan abu sampai ke atmosfer dan menutupinya. Sinar matahari tidak bisa masuk ke bumi dan membuat suhu bumi turun bahkan sampai beberapa derajat. Yang memperparah adalah, kondisi ini bertahan sampai bertahun-tahun, yakni pada tahun 1883 sampai 1888 atau bisa dibilang sekitar 5 tahun. Hal ini membuat kita menyadari pentingnya matahari bagi kehidupan di bumi.

Tidak mustahil bagi letusan ini untuk terulang kembali

Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/-CIMLoiqasiI/UEnvW_KFT5I/AAAAAAAAAV0/T_xIpCHnAdI/s1600/2213-abu-vulkanik-anak-krakatau-sampai-ke-banten.jpg

Letusan yang terjadi pada tahun 1883 telah membuat trauma bagi seluruh penduduk Indonesia akan ha yang serupa. Peneliti sudah mengatakan kalau gunung ini bisa saja Meletus kembali dengan kekuatan letusan yang juga dahsyat. Namun kapan terjadinya letusan tersebut, tidak ada yang tahu.

 

Inilah kengerian dari letusan gunung Krakatau yang terjadi pada kala itu. Sangat tidak bisa dibayangkan bagaimana dasyatnya letusan gunung Krakatau tersebut. Meskipun diprediksi masih bisa Meletus kembali, namun setidaknya hal ini membuat kita bersyukur dan menyadari pentingnya kehidupan ini.

 

 

 

Post Author: Admin