7 Cara Memasang Tali Sepatu

Sumber Instagram: @purnama.ferry

Saat kecil pastinya setiap orang sudah memahami bagaimana caranya mengikat tali sepatu yang benar. Sepatu sekolah memang cenderung memiliki tali yang mengharuskan kita untuk mengikatnya dengan benar. Apalagi kalau sepatu Skate yang lagi trend di kalangan pelajar. Mengikat model kupu-kupu kebanyakan itulah yang dilakukan supaya ikatan lebih kencang dan terlihat rapi. Nah, itukan mengikat bukan memasang, lalu bagaimana caranya memasang tali sepatu nyaman dan fleksibel? Disini orang kebanyakan bingung, entah susah mengungkapkannya dengan kata-kata atau bagaimana. Nah buat sobat sekalian, saya punya 7 cara memasang tali sepatu nih biar kalian gak ribet lagi model dan bentuk seperti apa yang terasa nyaman dipakai.

Model Jeruji Besi

Pertama masukan ujung tali sepatu ke lubang yang paling depan, masukan secara tegak lurus dan usahakan supaya tidak terbelit talinya. Setelah itu masukan kedua ujung tali sepatu itu ke lubang lainnya secara menyilang. Tapi ingat langkahi 1 lubang di setiap penyilangannya satu dengan yang lainnya.

Kedua ujung tali sepatu masukan dari dalam dan keluarkan melalui lubang yang di lewati tadi (kembali lagi ke lubang sebelumnya). Tapi ingat jangan sampai tali sepatunya terbelit karena akan susah nantinya. Untuk selanjutnya lakukan seperti langkah pertama dan langkah kedua secara berurutan sampai pada lubang yang terakhir. Tarik kuat-kuat tali sepatunya supaya ikatannya kencang dan tidak mudah lepas.

 

Model Menyilang

7 Cara Memasang Tali Sepatu yang kedua adalah model menyilang. Model ini paling banyak digunakan orang-orang yang gak mau ribet memasang tali sepatunya. Bisa dikatakan simple dan mudah di buka.

Pertama masukan ujung lubang sepatu ke dalam lubang paling depan. Ingat ya tegak lurus dan jangan sampai terbelit. Lalu masukan kedua ujung lubang tali sepatu tersebut ke lubang selanjutnya secara menyilang.

 

Lakukan cara pertama secara berulang kali di lubang selanjutnya secara menyilang sampai ke bagian paling atas lubang. Ikat model Kupu-kupu dan jadilah sepatu Anda talinya terikat.

 

 

 

Model Lurus Satu Simpul

Pertama ikat dulu ujung tali model simpul, lalu masukkan ujung tali sepatu yang tidak terikat dari dalam lubang. Setelah itu Anda tinggal memasukkan ke setiap lubang dari sepatu secara lurus. Ingat guys memasukkan ke dalam lubangnya dari dalam loh! Bukan dari luar.

Sampai pada lubang yang paling atas, ikat kembali talinya secara simpul supaya gak merenggang ikatan sepatunya. Biasanya sih model seperti ini diperuntukkan tali sepatu yang panjang. Kelemahannya adalah membuka sepatu harus pelan-pelan supaya ikatannya tidak susah membukanya. Kalau saya pribadi lebih sering menggunakan cara seperti ini, karena sudah tebiasa melakukannya sejak kecil.

 

Model Silang Zig-Zag Satu Simpul

7 Cara Memasang Tali Sepatu yang ini gak ribet banget guys. Cuma khusus buat anak kuliahan yang lagi telat ngampus dan kebingungan tali sepatunya belum di ikat.

Seperti cara yang ketiga ya guys, ikat simpul terlebih dahulu ujung tali yang satu lalu masukan ujung tali lainnya di salah satu lubang bagian dalam sepatu paling depan. Ingat ya guys masukinnya secara zig zag membentuk huruf Z. Ini cara simpel ala satu ikatan yang bener-bener gak ribet dan gak nyusahin.

 

Model Lurus Dua Simpul

Masukkan ujung tali sepatu di lubang depan sebelah kanan posisi luar sepatu. Ingat loh bagian depan itu ada pada jari kaki kita. Kedua ujung tali harus sama panjang, jadi kita mesti ngukur dulu baru ke proses selanjutnya.

Setelah itu, Kamu bisa memasukan salah satu ujung tali kedalam lubang bagian atasnya posisi didalam lubang sepatu. Tarik keatas lalu masukan ke lubang yang sama lurus dengan lubang sebelumnya. Masukan dari bagian luar sisi sepatu.

Ujung tali yang lain, masukkan di bagian dalam sisi sepatu lurus keatas sejajar dengan lubang bawah. Bukan silang ya guys, tapi lurus keatas!! Lakukan cara ini secara bergilir sampai pada lubang yang terakhir dan ikat sepatu dengan cara ikat kupu-kupu.

 

Model Ikat Toko Sepatu

Masukan ujung tali di bagian depan lobang sepatu dari sisi luar sebelah kanan menembus ke sisi kiri luar sepatu. Panjangkan ukuran tali sepatu yang sebelah kanan dari yang sebelah kiri, lalu masukan ujung tali sebelah kiri ke bagian paling atas atau di sebelah kanan atas bagian sisi dalam lobang sepatu

Ujung tali sepatu sebelah kanan masukan ke tiap-tiap lobang dari bagian letak jari sampai ujung lobang secara zig-zag. Ikat sepatu dengan cara simpul kupu-kupu

 

Model Simpul Silang Menjarang

Masukan ujung tali sepatu dari sisi kanan luar lubang paling depan di bagian menghadap jari kaki. Lalu masukan bagian ujung tali sepatu di sebelah kiri ke lubang atas bagian sebelah kanan. Begitu pula sebaliknya dengan ujung tali sepatu bagian kanan.

Langkah kedua jangan di silangkan, tapi masukan ujung tali sisi kanan dan sisi kiri di bagian atas lubang masing-masing. Barulah di silangkan kembali seperti cara pertama. Lakukan sampai bagian atas lubang, lalu ikat tali sepatu.

 

Udah paham ya guys, jadi kamu tinggal pilih dari ke 7 cara memasang tali sepatu diatas, yang mana menurut kamu paling pas dan enak buat di pakai. Itulah cara-cara memasang tali sepatu yang saya ketahui dan pelajari sendiri. Buat kamu yang ngerasa pusing dan bingung harus gimana masang tali sepatu, ini akan sangat bermanfaat buat kamu.

Post Author: Admin